WORKSHOP PENGOLAHAN DAN ANALISIS DATA BERBASIS RME (METODA DESKRIPTIF DAN PREDIKTIF)

Memuat Events

« Semua Event

WORKSHOP PENGOLAHAN DAN ANALISIS DATA BERBASIS RME (METODA DESKRIPTIF DAN PREDIKTIF)

Juli 18 @ 2:00 am - Juli 20 @ 11:00 am

Setiap layanan kesehatan wajib mendokumentasikan layanannya. Bentuk dokumentasi ini kita kenal dengan sebutan rekam medis. Rekam medis tidak sekedar diisi, disimpan, diisi lagi, disimpan lagi, dan seterusnya, tapi juga diolah dan dimanfaatkan informasi yang terekam di dalamnya. Hasil pengolahan data ini dimanfaatkan untuk kebutuhan pengembangan layanan kesehatan, penelitian, pendidikan, perencanaan terkait manajerial maupun klinis.

Pengelolaan rekam medis dimulai sejak dari penerimaan pasien hingga setelah pasien pulang, yaitu pengolahan berbagai data, baik secara individual maupun agregat (gabungan) untuk memperolah informasi dan pengetahuan yang terbaik.

Pengolahan dan analisis data dalam rekam medis elektronik (rme) menjadikan rme tidak sekedar tempat menyimpan data (gudang data) tetapi juga tempat mengolah data (bank data). Pengolahan data dalam rme menjadi informasi, pengetahuan, dan kebijakan, serta membantu proses pengambilan keputusan, baik untuk kebutuhan manajerial maupun klinis. Hal ini sesuai dengan definisi dari Institute of Medicine (IOM) yang menyebutkan rme haruslah bisa mengolah dan menyajikan pengetahuan (knowledge) dan membantu pengambilan keputusan (decision-support system). Dengan adanya pengolahan dan analisis data ini maka pengaplikasian rme diharapkan akan bisa meningkatkan quality, safety, dan efficiency dalam layanan kesehatan.

Proses pengolahan dan analisis data menurut Gartner terdiri dari Descriptive analytics, Diagnostic analytics, Predictive analytics, dan Prescriptive analytics. Dalam kerangka Digital Maturity Index (DMI), arah pengolahan data dalam rme tidak hanya secara deskriptif tetapi juga lebih mendayagunakan analisis prediktif. Hal ini sejalan juga dengan arah Transformasi Digital Kesehatan di Indonesia yang pada tahun 2024 ini mulai memperkuat aspek health care big data analytics dengan berbasis artificial intelegence.

  • Bagaimana menyiapkan kualitas data sejak input data hingga memilih metode pengolahan dan analisis yang tepat?
  • Bagaimana pemanfaatan metode deskriptif dan prediktif untuk mengolah data rme?
  • Bagaimana memilih metode visualisasi informasi yang tepat?

Menyikapi pentingnya tahap pengolahan dan analisis data dalam rme ini maka Workshop Pengolahan dan Analisis Data Berbasis RME (Metoda Deskriptif dan Prediktif) ini dilaksanakan.

Download Undangan dan TOR Pengolahan dan Analisis Data RME

Detil

Mulai:
Juli 18 @ 2:00 am
End:
Juli 20 @ 11:00 am

Penyelenggara

ProQua Consulting
Telepon:
081329599189
Email
Situs Web:
proquaconsulting.com

Venue

Grand H.A.P Hotel
Jl Slamet Riyadi No. 331 Purwosari Surakarta, Surakarta, Indonesia
+ Google Map
Telepon:
0271- 711812
Butuh Bantuan? Chat Aja!